Cara kerja Proofer / Steamer

Senin, 03 Maret 2014 | komentar (2)

Mesin proofer pengembang roti

Mesin proofer atau steamer berfungsi sebagai mesin pengembang adonan roti. Yang mana untuk membuat adonan roti agar bisa mengembang adalah dengan menggunakan ragi atau teast pada adonan. Ragi merupakan salah satu bahan yang paling penting dalam pembuatan roti, tanpa ragi roti tidak akan mengembang. Pada proses pembuatan roti tentunya ada yang namanya proses fermentasi, tanpa adanya ragi hal tersebut tidaklah terjadi. Ragi sendiri merupakan mikroorganisme hidup yang berkembang biak dengan memakan glukosa. Adonan roti dapat berkembang dikarenakan ragi menghasilkan gas karbondioksida dalam adonan roti.

Ragi sendiri akan bisa mengembang dengan baik apabila ditempatkan pada suhu 30-40 derajat celcius dengan tingkat kelembapan 70-80 persen. Kebanyakan orang ketika mengembangkan adonan kue menggunakan tempat untuk adonan kemudian ditutupi dengan lap kering yang biasanya membutuhkan waktu sampai 90 menit. Pertanyaannya, apakah adonan roti tadi berkembang dengan sempurna, sementara ragi membutuhkan suhu 30-40 derajat celcius dengan tingkat kelembapan 70-80 persen. Jawabanya tentulah tidak sempurna. Dengan proses pengembangan adonan dalam pembuatan roti tentunya hasilnya akan beda dengan adonan yang proses pengembangan nya menggunakan mesin pengembang khusus. 

Mesin proofer sendiri didesain khusus untuk menghidupkan ragi agar menghasilkan karbondioksida yang terperangkap di dalam jaringan gluten dalam adonan roti. Dengan menggunakan tenaga listrik 350 watt dalam memanaskan air di dalam heaternya tentulah sangatlah tidak terlalu memakan biaya operasional listriknya. Cara pakainya pun mudah dengan menyambungkan kabel heater ke listrik, kemudian isi heater dengan air kemudian masukkan adonan ke dalam ruang proofer yang sudah mulai mengembun terlihat di kaca mesin proofer nya. Untuk mengetahui harga proofer hubungi Produsen oven dan proofer.

Baca hal terkait lainnya :
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

14 Agustus 2014 pukul 03.55

Thanks for sharing! I came accross this website to read more info on this great product: www.archiexpo.com/architecture-design-manufacturer/proofer-246.html

18 November 2017 pukul 05.02

Apa alat ini hanya untuk roti?
Atau bisa untuk steam bahan lain?

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JUAL OVEN GAS MURAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger